Tampang

El Nino Menjelang Berakhir, Berdampak pada Kondisi Iklim Indonesia

16 Mei 2024 05:29 wib. 90
0 0
El Nino Menjelang Berakhir, Berdampak pada Kondisi Iklim Indonesia
Sumber foto: google

Anomali iklim yang memicu kekeringan di Indonesia, El Nino, nampaknya akan segera berakhir meskipun nilai terkininya sudah mencapai fase netral. Lembaga kelautan dan atmosfer AS (NOAA) dalam laporan terbarunya "ENSO: Recent Evolution, Current Status and Predictions" yang diperbarui pada 13 Mei mengungkapkan bahwa El Nino sedang bertransisi menuju netral-ENSO.

ENSO, singkatan dari El Nino-Southern Oscillation, merupakan pola iklim berulang yang melibatkan perubahan suhu permukaan laut (SST) di Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur. El Nino dianggap terjadi jika suhu laut lebih besar atau sama dengan +0,5 derajat Celsius, sementara La Nina terjadi jika suhu laut kurang dari atau sama dengan -0,5 derajat Celsius. Di antara kedua nilai tersebut, ENSO berada dalam fase netral.

NOAA menegaskan bahwa netralnya El Nino terungkap dari angka-angka hasil deteksi di beberapa area pengukuran. Dalam hal ini, suhu Nino 3.4, yang terletak di pusat Pasifik tropis dan garis tanggal internasional, dijadikan sebagai ukuran utama untuk memantau, menilai, dan memprediksi ENSO. Menurut NOAA, peralihan dari El Nino ke netral-ENSO kemungkinan besar akan terjadi pada bulan depan, yakni Juni.

Setelah mencapai fase netral, ENSO dapat berkembang menjadi La Nina, yang diperkirakan dapat memicu peningkatan curah hujan di Indonesia. NOAA menyebutkan bahwa potensi La Nina dapat muncul pada Juni-Agustus 2024 (peluang 49 persen) atau Juli-September (peluang 69 persen).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

15 Cara Mengatasi Asam Lambung
0 Suka, 0 Komentar, 27 Mar 2018

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?