Tampang

Kasus Penularan Flu Burung dari Sapi ke Manusia Terkonfirmasi di Amerika Serikat

19 Mei 2024 09:33 wib. 313
0 0
Kasus Penularan Flu Burung  dari Sapi ke Manusia Terkonfirmasi di Amerika Serikat
Sumber foto: google

Kasus penularan flu burung dari sapi ke manusia di Amerika Serikat telah menjadi topik perbincangan hangat dalam beberapa waktu terakhir. Penemuan ini menimbulkan kekhawatiran yang besar terhadap potensi penyebaran penyakit yang mematikan ini. Flu burung atau avian influenza (AI) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza tipe A yang menyerang unggas, namun kasus terbaru ini menunjukkan bahwa virus tersebut telah menular dari sapi ke manusia, sehingga menjadi perhatian serius bagi kesehatan masyarakat.

Sebuah laporan dari otoritas kesehatan Amerika Serikat mengkonfirmasi bahwa terdapat kasus penularan flu burung dari sapi ke manusia di wilayah tertentu. Penularan tersebut menimbulkan kekhawatiran yang mendalam, karena flu burung diketahui memiliki tingkat kematian yang tinggi pada manusia yang terinfeksi. Kecemasan ini semakin diperparah dengan potensi penyebaran virus ini ke masyarakat luas.

Steve Presley, Direktur Laboratorium Penelitian di Texas Tech University, serta rekan-rekannya berada di balik studi yang baru diterbitkan mengenai satu kasus penularan flu burung dari sapi ke manusia, yang dikonfirmasi melalui pengujian yang dilakukan dalam kondisi laboratorium yang sangat aman secara hayati. Pasien yang terinfeksi flu burung tersebut merupakan pekerja pertanian, yang melaporkan kemerahan dan rasa tidak nyaman pada mata kanannya menjelang akhir Maret 2024. Selain itu, mereka juga sedang melakukan upaya pencegahan untuk menghentikan penyebaran lebih lanjut dari kasus ini.

Penularan flu burung dari sapi ke manusia menimbulkan pertanyaan serius mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi transmisi virus antara kedua spesies ini. Beberapa aspek yang harus dipertimbangkan antara lain kondisi sanitasi pada peternakan sapi, interaksi antara unggas dan sapi, serta kekebalan tubuh manusia terhadap virus flu burung yang berasal dari sapi. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami secara mendalam dinamika penularan yang terjadi dalam kasus ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kisah Menyentuh Hati
0 Suka, 0 Komentar, 17 Jun 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%