Tampang

BPBD OKU: 13.600 Rumah Warga Terendam Banjir, Tak Ada Korban Jiwa

19 Mei 2024 21:10 wib. 329
0 0
BPBD OKU: 13.600 Rumah Warga Terendam Banjir
Sumber foto: google

Sebanyak 13.600 rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan terdampak bencana banjir imbas meluapnya Sungai Ogan. Kejadian ini menjadi perhatian serius bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU yang terus melakukan pendataan jumlah warga yang terdampak.

Menurut Kepala BPBD OKU, Januar Efendi, jumlah korban terdampak terus bertambah. Hingga hari ini, diperkirakan sekitar 50 ribu jiwa terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Ogan. Hal ini menjadi sebuah pemantik keprihatinan, terutama saat tujuh kecamatan, antara lain Kecamatan Baturaja Barat, Baturaja Timur, Lubuk Batang, Peninjauan, Kedaton Peninjauan Raya (KPR), Sosoh Buay Rayap, dan Semidang Aji ikut terdampak.

Dari data yang terhimpun, terdapat tiga rumah yang mengalami kerusakan berat, satu rumah mengalami kerusakan sedang, dan 71 rumah mengalami kerusakan ringan. Meskipun kerusakan bangunan terjadi, Januar memastikan bahwa tidak ada korban jiwa akibat bencana ini. Sebagian besar warga yang terdampak banjir sempat mengungsi karena ketinggian air mencapai dua meter.

Pemerintah Kabupaten OKU telah bergerak cepat dengan mendirikan posko pengungsian di beberapa titik guna menampung korban banjir. Posko pengungsian ini juga dilengkapi dengan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi. Meskipun sebagian besar warga telah pulang ke rumah masing-masing setelah banjir mulai surut, namun Januar mengakui bahwa masih ada wilayah yang tergenang air, seperti Kecamatan KPR. Meski demikian, aktivitas masyarakat sudah mulai kembali normal.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%