Tampang

Dibalik Bau yang Menyengat: inilah 7 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

5 Mei 2024 05:28 wib. 90
0 0
Manfaat Jengkol untuk Kesehatan
Sumber foto: Google

Jengkol, tumbuhan yang sering kali dihindari karena bau menyengatnya, sebenarnya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Meskipun dikenal sebagai penyebab bau mulut yang tidak sedap, jengkol memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Namun, sebelum melanjutkan membahas manfaatnya, mari kita kenali terlebih dahulu tumbuhan yang satu ini.

Jengkol atau Pithecolobium jiringa merupakan tumbuhan yang banyak ditemui di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Buah jengkol biasanya dimakan setelah direbus atau diolah menjadi berbagai jenis masakan tradisional. Walaupun dikenal dengan bau khasnya yang menyengat, jengkol memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia. Berikut adalah 7 manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kandungan serat tinggi dalam jengkol membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jengkol secara teratur, kadar kolesterol dalam tubuh dapat terjaga dan risiko terkena penyakit jantung dapat diminimalkan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain menurunkan kadar kolesterol, kandungan flavonoid dalam jengkol juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi jantung dari berbagai penyakit kardiovaskular.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

13 Fakta Menarik Mengenai Ciuman
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2018
amalan bulan ramadhan
0 Suka, 0 Komentar, 15 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?