Tampang

Peringatan Hari Kartini 21 April: Tujuan, Sejarah, hingga Maknanya

22 Apr 2024 09:36 wib. 700
0 0
Peringatan Hari Kartini 21 April
Sumber foto: google

21 April adalah Hari Kartini, sebuah hari yang menjadi peringatan nasional dan dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Perayaan ini memiliki tujuan, sejarah, dan makna yang dalam bagi masyarakat Indonesia. Mari simak informasi lengkap mengenai peringatan Hari Kartini 21 April.

Tujuan

Raden Ajeng (RA) Kartini adalah sosok perempuan yang memiliki peran besar dalam memperjuangkan emansipasi wanita pribumi. Sebagai penghormatan terhadap perjuangannya, masyarakat Indonesia menetapkan 21 April sebagai peringatan Hari Kartini. Peringatan ini bertujuan untuk memperingati dan menghormati perjuangan RA Kartini dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, terutama dalam bidang pendidikan dan kehidupan sosial. Perayaan ini juga mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus memperjuangkan keadilan dalam kesetaraan gender di Indonesia.

Sejarah Tanggal 21 April Diperingati sebagai Hari Kartini

Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964 yang ditandatangani tanggal 2 Mei 1964 menetapkan Hari Kartini pada tanggal 21 April. Keputusan tersebut mengangkat Kartini sebagai pahlawan nasional. RA Kartini hidup di masa penjajahan dimana kesetaraan gender belum ada. Perempuan pada masa itu tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak karena adat yang kuat. Setelah menikah, Kartini didukung sepenuhnya oleh suaminya, Raden Adipati Joyodiningrat, untuk tetap konsisten dalam memperjuangkan kesetaraan gender dengan mendirikan sebuah sekolah untuk perempuan.

Peringatan Hari Kartini

Untuk memperingati Hari Kartini, generasi muda dapat melakukan pawai menggunakan baju adat daerah sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa-jasa RA Kartini pada masanya. Selain itu, anak-anak hingga orang dewasa juga dapat melaksanakan upacara bendera dan berbagai perlombaan yang menarik untuk mengingat jasanya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Evolusi Hewan Laut ke Darat
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?