Tampang

Bahaya Aki Motor Rusak, Hati-hati Mesin Bisa Mati Mendadak

4 Mei 2024 15:37 wib. 55
0 0
Bahaya Aki Motor Rusak, Hati-hati Mesin Bisa Mati Mendadak
Sumber foto: google

Perawatan motor tidak hanya mencakup servis rutin, tetapi juga perhatian pada berbagai bagian dan komponennya. Terlewatnya perawatan pada beberapa bagian bisa berakibat fatal, bahkan menyebabkan mesin mati secara mendadak. Aki motor adalah salah satu komponen yang rentan mengakibatkan kerusakan fatal. Meskipun aki motor umumnya dapat berfungsi dalam jangka waktu yang cukup lama, namun ketidakperhatian terhadapnya dapat menyebabkan berbagai bahaya.

Masalah umum yang terjadi pada aki motor adalah habisnya atau ausnya aki. Dampak dari masalah ini akan memengaruhi sistem kelistrikan motor, seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem, hingga starter yang tidak berfungsi dengan baik. Meskipun tampak sepele, kerusakan aki motor juga dapat berdampak pada kinerja mesin dan sistem lainnya. Kerusakan pada aki motor bukan hanya akan memengaruhi performa mesin, tetapi juga komponen-komponen lain seperti spul, CDI, kiprok, dan busi.

Apabila menghadapi permasalahan terkait aki motor, segera membawa motor ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki. Khususnya pada aki motor yang mengalami masalah, penggunaan bahan bakar dapat menjadi tidak normal, menjadikan motor boros dan kehilangan tenaga. Dampak lainnya yang dapat ditimbulkan adalah kerusakan mesin secara keseluruhan, yang akan memerlukan biaya perbaikan yang besar. Oleh karena itu, penting untuk melakukan konsultasi saat melakukan servis aki motor untuk mengetahui apakah aki tersebut masih layak pakai atau perlu diganti.

Selain itu, rutin cas aki motor juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Meskipun umumnya dilakukan setiap lima hingga enam bulan sekali, permasalahan yang berkaitan dengan aki motor tetap harus dipantau secara cermat. Jika terdapat indikasi adanya masalah dengan aki motor, segera ambil tindakan yang tepat untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kuku Sehat
0 Suka, 0 Komentar, 6 Mei 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?