Tampang

Pernikahan Rizky Febian Sule dan Mahalini Kian Dekat, Ketua MUI Soroti Akad Nikahnya

4 Mei 2024 23:04 wib. 106
0 0
Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini.
Sumber foto: Instagram mahaliniraharja

Pernikahan penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja semakin mendekat. Anak komedian Sule ini akan menikah dengan pelaksanaannya digelar di Bali. Kabarnya, Rizky Febian dan Mahalini Raharja bakal melangkah ke pelaminan pada Minggu, (5/5/2024) mendatang. Nantinya, setelah mejalani prosesi adat di Bali, keduanya akan melakukan ijab kabul di Jakarta.

Namun, momen itu mendapat sorotan Ketua MUI, Muhammad Cholil Nafis. Meski tak menyebut nama, KH Cholil Nafis berkomentar soal pernikahan beda agama. Menurut Cholil Nafis, sebenarnya pernikahan beda agama tidak sah. "Nikah beda agama menurut Islam itu tidak sah. Pemerintah hanya melakukan pencatatan nikah, bukan mengesahkan akad nikahnya. Artinya, perkawinan beda agama itu saat hubungan suami istri sama dengan berzina menurut ajaran Islam," ungkap Kiai Cholil melalui akun Twitter pribadinya.

Jika menilik Undang-Undang, begini tata aturan pernikahan beda agama. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan di Indonesia memang menyatakan bahwa perkawinan sah jika dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaan. Namun, bagi pasangan beda agama, undang-undang ini mengharuskan salah satu pasangan untuk berpindah mengikuti agama pasangannya dan meminta izin khusus dari Menteri Agama. Hal ini untuk mencegah konflik yang mungkin timbul akibat perbedaan keyakinan antara pasangan dan menjaga keharmonisan rumah tangga serta masyarakat.

Sebelumnya dikabarkan, rencana pernikahan Rizky Febian dan Mahalini disampaikan oleh Klian Banjar Dinas Aseman Kawan, I Gede Hardi Raharja. "Acara tanggal 5, hari minggu ini," ungkap I Gede Hardi, dikutip dari YouTube AMGO Project, Jumat (3/5/2024). Rumor perbedaan agama juga melingkupi bersatunya pasangan ini, dengan begitu mereka akan menggelar dua kali prosesi. Iata I Gede Hardi, Iky sapanan Risky Febian dan Mahalini akan melangsungkan ijab kabul di Jakarta pada 8 Mei 2024, mendatang. "Kalau acara ijab kabulnya tanggal 8 ya di Jakarta," ungkapnya. I Gede Hardi berujar, warga sekitar kediaman Mahalini akan menghadiri acara pernikahan sang penyanyi pukul 09.00 WITA. "Ya tanggal 5 itu (undangan). Jam 9 pagi," ujar I Gede Hardi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?