Tampang

Bahaya Mengonsumsi Paracetamol Sembarangan: Pentingnya Perhatikan Dosis yang Tepat

4 Mei 2024 10:51 wib. 57
0 0
Obat Paracetamol

Paracetamol telah menjadi obat pilihan bagi banyak orang dalam mengatasi berbagai jenis nyeri, mulai dari sakit kepala ringan hingga nyeri menstruasi. Dapat ditemukan dengan mudah di konter apotek maupun toko obat lainnya, paracetamol sangat populer digunakan sebagai analgesik dan antipiretik. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi paracetamol dengan sembarangan bisa membahayakan kesehatan?

Sebagai obat yang dianggap aman, paracetamol sebenarnya dapat menyebabkan efek samping yang serius jika dikonsumsi dalam dosis yang tidak tepat, bahkan dapat menjadi penyebab kondisi medis yang mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting untuk memahami betul dosis yang tepat saat mengonsumsi paracetamol.

Menurut healthdirect.gov.au, mengonsumsi paracetamol melebihi dosis yang direkomendasikan dapat membahayakan kesehatan. Dosis paracetamol yang aman untuk orang dewasa adalah tidak lebih dari 1 gram setiap 4-6 jam dengan total maksimal 4 gram dalam sehari. Sementara untuk anak-anak, dosisnya adalah 15 miligram per kilogram berat badan setiap 4-6 jam, dengan batas maksimal 4 dosis dalam 24 jam. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu memperhatikan dosis yang diberikan, terutama saat memberikannya kepada anak-anak.

Tidak hanya itu, dikutip dari adf.org, penggunaan paracetamol juga dapat menimbulkan efek samping seperti rasa kantuk, lelah, ruam, gatal-gatal, penurunan gula darah, tremor, hingga pingsan. Bahkan, terdapat kemungkinan bahwa penggunaan paracetamol yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan hati dan meningkatkan risiko overdosis paracetamol.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Berenang
0 Suka, 0 Komentar, 12 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?